Jumat, 23 September 2011

Koran Menjadi Bahan Bakar



Hallo,

Beberapa waktu lalu ada sebuah artikel yang memuat bahasan mengenai barang bekas menjadi bahan bakar. Kali ini, barang tersebut adalah koran bekas yang disulap menjadi bahan bakar. Seorang ilmuwan di Tulane University New Orlean berhasil menemukan bakteri yang mampu menggunakan kertas daur ulang (koran) atau selulosa untuk menghasilkan butanol pengganti bensin. Dengan kata lain, mikroba ini memiliki kemampuan yang salah satunya mampu mengubah setumpuk koran bekas menjadi bahan bakar.

Bakteri yang dijuluki TU-103 ini merupakan bakteri pertama dari alam yang mampu menghasilkan biofuel butanol langsung dari selulosa. TU-103 sendiri ditemukan oleh David Mullin, seorang professor di Departement biologi sel dan molekuler Universitas Tulane bersama mahasiswa post Doktoral Harshad Velankar dan mahasiswa Hailee Rask yang mana penelitian ini berjalan selama 2 tahun lebih.

Selulosa dapat ditemukan disemua tanaman hijau dna menjadi bahan organik paling melimpah di dunia. Di Amerika Serikat, setidaknya ada 223 juta ton bahan selulastik yang bisa digunakan untuk menghasilkan butanol yang terbuang tiap tahunnya.

Butanol dapat dijadikan bahan bakar kendaraan bermotor yang sudah ada tanpa perlu modifikasi mesin dan dapat dialirkan melalui garis pipa bahan bakar yang sudah ada. Butanol akan mengurangi karbon dioksida serta emisi asbut secara dramatis. Bahan ini juga memiliki dampak positif pada limbah pembuangan akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar