Kamis, 26 Juli 2012

Musuh Kolesterol


Hi,

Memasuki bulan ramadhan, sejumlah umat muslim mempersiapkan berbagai macam keperluan dan salah satunya adalah menyusun menu untuk berbuka puasa serta sahur selama 1 bulan. Selama bulan ramdhan, banyak sajian yang ditawarkan, namun jangan terkecoh. Salah memilih menu dapat memperparah penyakit bahkan menciptakan penyakit baru, salah satu penyakit yang sering dilupakan adalah kolesterol.

Berdasarkan penelitian, sekitar 1 dari 6 orang dewasa di Amerika memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Yakni 240 ml atau lebih. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), kolesterol juga memicu pada penyakit yang lain sepert jantung dan stroke.Kasus ini terjadi karena semakin menumpuknya kolesterol pada dinding arteri. Ini menjadikan ruas aliran darah menyempit sehingga aliran darah tidak lancar. Padahal, darah merupakan system pemasok nutrisi dan  oksigen bagi jantung.

Dengan adanya resiko ini, pemilihan makanan memang harus diwaspadai. Kurangi memakan makanan berlemak seperti daging dan keju. Gantilah makanan yang berprotein seperti kedelai. Kedelai merupakan protein berlemak sehat.

Menurut penelitian yang dipublikasikan European Journal of Clinical Nutrition, protein ini paling sehat dibanding dengan protein dari jenis makanan lain. Untuk menu buka puasa, Anda dapat menambahkan tahu organik pada setiap tumisan Anda. Atau segelas susu kedelai saat sahur. Selain kedelai, almond juga memiliki efek yang menyehatkan sebagai kontrol gula darah dan kadar kolesterol. Selain itu juga mampu mencegah diabetes tipe 2. Cake almond sebagai makanan penutup, rasanya cukup membuat Anda kenyang lebih lama.
Beruntung bagi Anda yang menggemari oatmeal sebagai menu sahur. Penelitian di American Journal of Epidemiology mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi satu cangkir oatmeal setiap hari, Anda dapat menambahkan delapan gram serat dalam tubuh

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar